Posts

Value Chain

Untuk menganalisis aktivitas spesifik melalui mana perusahaan dapat menciptakan keunggulan kompetitif, itu sangat berguna untuk membentuk perusahaan sebagai rangkaian kegiatan penciptaan nilai. Michael Porter mengidentifikasi serangkaian kegiatan generic yang saling berkaitan untuk berbagai perusahaan. Model yang dihasilkan dikenal sebagai rantai nilai. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan nilai yang melebihi biaya penyediaan produk atau jasa, sehingga menghasilkan marjin keuntungan. Inbound logistik termasuk penerimaan, pergudangan, dan pengendalian persediaan bahan masukan. Operasi adalah kegiatan penciptakan nilai yang mengubah input menjadi produk akhir. Outbound logistik adalah aktifitas yang dibutuhkan untuk mendapatkan produk jadi ke konsumen, termasuk pergudangan, pemenuhan pesanan, dll Pemasaran & Penjualan adalah aktivitas yang terkait dengan mendapatkan pembeli untuk membeli produk, termasuk pilihan saluran, iklan, harga, dll ...

Matrix Growth-Share & Ansoff

Image
Perusahaan cukup besar yang diatur dalam unit bisnis strategis menghadapi tantangan untuk mengalokasikan sumber daya di antara unit-unit. Pada awal 1970-an Boston Consulting Group mengembangkan sebuah model untuk mengelola portofolio unit bisnis yang berbeda (atau lini produk utama). BCG matriks pertumbuhan-pangsa pasar menampilkan berbagai unit bisnis pada grafik tingkat pertumbuhan pasar vs pangsa pasar relatif terhadap pesaing: Sumber daya yang dialokasikan ke unit-unit bisnis sesuai dengan di mana mereka berada di urutan sebagai berikut: Cash Cow - sebuah unit bisnis yang memiliki pangsa pasar besar dalam industri yang matang dan berkembang lambat. Cash Cow ini memerlukan sedikit investasi dan menghasilkan kas yang dapat digunakan untuk berinvestasi dalam unit bisnis lainnya. Star - sebuah unit bisnis yang memiliki pangsa pasar besar dalam industri yang berkembang pesat. Bintang dapat menghasilkan uang, tetapi karena pasar ini berkembang pesat, mereka membutuhkan inve...

Kompetensi Dasar

Dalam artikelnya tahun 1990 berjudul “Kompetensi Dasar Perusahaan” CK Prahalad dan Gary Hamel membentuk istilah kompetensi dasar, atau sekumpulan pembelajaran dan ketrampilan koordinasi dibalik garis produk perusahaan. Mereka membuat kasus bahwa kompetensi dasar merupakan sumber dari keunggulan kompetitif dan memungkinkan perusahaan mengenalkan sederet produk dan layanan baru. Menurut Prahalad dan Hamel, kompetensi dasar menuntun pengembangan dari produk dasar. Produk dasar tidak dijual langsung kepada pengguna akhir, ketimbang, mereka digunakan membangun sejumlah besar produk dari pengguna akhir/end user. Misalnya, motor (bukan sepeda motor) merupakan produk dasar yang dapat digunakan sederet luas produk akhir. Unit bisnis perusahaan masing-masing mengalirkan produk dasar relative untuk mengembangkan jumlah lebih besar produk dasar pengguna akhir pada teknologi produk dasar. Alur dari kompetensi dasar menuju produk akhir bisa dilihat pada gambar. Titik temu peluang pasar dengan kompet...

Belgium F-1 2009 Race

Image
Kimi Raikonen, apa yang membuatnya menjadi salah satu pembalap fenomenal dengan bayaran termahal. Konon saat Kimi masuk panasnya dunia F-1 Kimi harus membayar dana dalam jumlah besar dan banyak pihak menyangsingkan performancenya. Pembalap agresif kelahiran Espoo, Finlandia 17-Oktober-1979 mulai debut balapnya pada kejuaraan karting. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa orang Finlandia secara alami jago membalap sebagaimana Brasil jago Bola. Anak Finlan mewarisi bakat alam membalap. Berikutnya Kimi masuk ke british formula ford dan formula Renault tahun 1999. tahun 2000 kimi mencetak performance 2 kemenangan, 2 poles dan 2 fastest lap pada British Formula Renault. Tahun 2001 kimi gabung Sauber pada debut F-1 pertamanya dengan mengantongi 9 poin dan menempatkannya pada posisi 10. berikutnya pada 2002 Kimi mulai gabung tim favourit McLaren. Tahun 2003 Kimi berhasil naik podium sepuluh kali dan menduduki runner up satu tingkat di bawah juara dunia Schummy. Kesleuruhan podium yang sudah di...

Bispak Esia

Image
Belum lama ini salah satu operator telekomunikasi CDMA meluncurkan product tariff barunya yang dinamakan Bispak, kepanjangan dari Bisa Pakai Tarif Manapun. Pagi-pagi berbagai reaksi dan tanggapan-pun diarahkan ke operator yang mengusung produk Esia, Wifone dan Wimode. Reaksi datang dari berbagai sumber seperti media, pengamat maupun individu. Bentuk reaksi ini ternyata ada yang kurang sependapat karena konotasi Bispak selama ini, namun ada juga pengamat yang tidak merasa keberatan dan melihat ini sebagai strategi bisnis belaka.. Secara umum reaksi yang tidak setuju dan keberatan karena mengangap Bispak berkonotasi negative dan kurang mendidik masyarakat luas. Ada juga yang berpendapat slogan atau tag lines ini kurang pas diluncurkan saat masyarakat sedang melaksanakan ibadah puasa. Para pengamat juga mengkhawatirkan strategi slogan Bispak ini akan mendapat counter dan balasan dari operator lainnya, dan dikhawatirkan hal ini semakin memicu persaingan bisnis seluler semakin sengit.. Isti...

Otomotif Nasional

Image
Industri otomotif nasional sudah berkembang cukup lama. Barangkali setelah Indonesia merdeka terdapat pemain yang mengimport kendaraan untuk keperluan nasional. Terdapat pula kendaraan yang dirakit dalam bentuk CKD di akhir tahun 1960-an atau tahun 1970-an. Secara umum industri otomotif nasional mulai berkembang sejak tahun 1970-an atau hampir 40 tahun. Selama 4 dekade tersebut tentunya cukup banyak pencapaian industri otomtotif nasional ini. Bicara industri otomotif setidaknya ada beberapa pihak yang terlibat. Yang pertama tentunya principal dari Negara asal kendaraan. Berikutnya adalah perusahaan nasional yang umum disebut agen tunggal pemegang merk (ATPM). Kemudian Negara sebagai fasilitator dan regulator. Supplier baik local maupun asing turut menentukan berkembangnya industri ini. Bila ditarik ke depan terdapat distributor, dealer atau pemasaran dari produk otomotif. Seiring makin berkembangnya industri ini biasanya pabrikan juga membentuk atau menggandeng distributor yang melayan...

F-1 Europe Race 2009

Image
Berbahagialah menjadi pembalap atau crew F-1 karena selalu bisa berkeliling dunia ke tempat yang eksotis dan dikerubuti jutaan pasang mata penonton langsung maupun lewat media. Valencia sirkuit menyuguhkan landscape yang eksotis dimana sirkuit berada di pelabuhan, pinggir laut yang indah. Penonton dari orang kaya Spanyol atau Negara Eropa lainnya dapat melihat lomba sambil minum wine, bercengkerama atau santai di yatch mewah yang bisa diparkiri di pinggir laut. Ironisnya balapan serasa dikandang atau di kungkung oleh tembok atau pagar sepanjang sirkuit. Sempitnya jalan dan banyaknya tikungan memberikan kesulitan pembalap overtaking. Sirkuit di pinggir laut dan pelabuhan dengan tembok atau pagar di kanan kirinya ini memiliki 25 tikungan, termasuk hairpin dan tikungan tajam. Namun setelah tikungan #10 mobil bias dipacu lumayan sekitar 310 km per jam pada gigi 7 sebelum speed trap dan belokan tajam ke kanan. Pembalap harus mengurangi kecepatan dan memindahkan gear-nya dari 7 ke 2. Top spe...